Selasa, 15 Desember 2009

Apa Itu Brown Rice???


Sebelumnya dah banyak yang tau belum nih atau setidaknya dah pernah denger tentang Brown Rice?? Kalo ada yang belum tahu, disini saya akan jelasin... tapi sambil cerita juga yah. :D
Awalnya saya juga gak tau dan gak pernah dengar sama sekali yang namanya Brown rice, saya masih kuliah dan system belajarnya tinggalnya di asrama. Setelah pulang dari liburan saya dan teman-teman kaget kok nasinya berubah jadi warna coklat, tadinya dikirain nasi goreng (hehe.. ngarep) ternyata bukan.. awalnya pada protes tuh kok nasinya jadi gitu soalnya selain nasinya berubah warna kita juga sering menemukan masih ada beberapa padi atau gabah di nasi tersebut kan gak enak, lagi ngunyah tiba-tiba yang ke kunyah malah padinya :(. Karena nasinya warna coklat makanya kita bilang brown rice. Tapi lama-lama udah terbiasa makan dengan brown rice, abis gimana lagi orang gak ada nasi lagi selain brown rice. Hehe..

Karena penasaran kenapa sih kok nasinya diganti jadi warna coklat, akhirnya dicari tau deh. Ternyata nasi coklat itu memang namanya dijuluki brown rice atau beras pecah kulit. Kenapa dinamakan begitu?? Karena selain warnanya coklat, proses penggilingan brown rice dari padi menjadi brown rice hanya dengan 1 gilingan, sehingga hanya lapisan paling luarnya saja atau gabah yang dibuang sedangkan lapisan arinya masih utuh. Itulah kenapa kita masih sering menemukan padi yang masih utuh atqqau gabah yang masih tersisa pada brown rice. Sedangkan kalau beras putih yang biasanya kita makan prosesnya berkali-kali digiling sehingga menghilangkan kulit gandum dan sebagian besar lapisan kuman, hasilnya adalah beras putih, tetapi juga beras yang telah kehilangan banyak nutrisi dan yang tersisa dalam kandungannya hanyalah karbohidrat saja dan gizi yang tinggal sedikit. Memang kita mengharapkan hasil beras yang kita giling menjadi putih dan bersih sehingga jika kita makan kita tidak akan menemukan sisa padi yang masih belum tergiling. Namun akibatnya tanpa sadar kita telah menghilangkan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.Padahal sebenarnya dalam beras itu terkandung vitamin B1, B3, B6, Mangan(Mg), Fosfor, mineral, zat besi , asam lemak esensial dan serat yang sangat dibutuhkan dalam tubuh kita.

kandungan serat yang tinggi pada brown rice dapat mengurangi resiko kegemukan badan dan sejumlah penyakit termasuk penyakit jantung koroner, diabetes, appendicitis, homerrhoid, konstipasi kronik, dan kanker kolon

Mangan(Mg) yang terkandung pada brown rice berperan pada proses metabolisme tubuh, merupakan komponen enzim superoxide dismutase (SOD) yang melindungi mitokondria terhadap kerusakan oksidasi.

Asam lemak esensial yang terkadung pada brown rice dapat menurunkan kolesterol LDL (bad cholesterol) sampai 7%. Ditambah kandungan serat, Mg dan vitamin B, maka brown rice juga melindungi terhadap penyakit kardiovaskuler.
Berikut ini adalah keuntungan jika kita mengkonsumsi Brown rice :
1. Menurunkan kolestrol
2. Menghindari penyakit jantung
3. Mengurangi Risiko Metabolic Syndrome (obesitas, terutama obesitas sentral (perut buncit), kadar kolesterol HDL rendah, hipertrigliseridemia dan hipertensi).
4. Mengurangi resiko penyakit Diabetes Tipe 2
5. Perlindungan terhadap Kanker Payudara

Begitu banyak manfaat yang diberikan pada tubuh jika kita mengkonsumsi brown rice yang selama ini mungkin kita tidak tahu atau bahkan kita tidak pernah dengar. Mungkin setelah teman-teman tahu alangkah baik nya jika kita dari sekarang mulai mengkonsumsinya. Demi kesehatan tubuh kita.

Semoga info ini dapat bermanfaat buat teman-teman semua. Amieeenn…

8 komentar:

genial mengatakan...

wah baru tau nii saiia nya masalah satu ini :(

Fathur mengatakan...

wahh bnyak vitaminya donk...

recyclebin mengatakan...

baru tau saya la.. btw enak ga tuh??.. hehehe ^^

lela mengatakan...

@smua : alhmdlh dah tw, dari pada gak tw sama sekali kan rugi, hehehe...

rasanya enak2 aja kok, apa lg pake lauk, :D.. lebih mudah untuk dicerna..

Anonim mengatakan...

Btw ada yg mo pesen ngga?kebetulan saya bisa menyediakan brown rice(beras pecah kulit).Bebas biaya antar.Harganya oke banget,cuma 6000/kg.Kalo diluaran brown rice masih jarang di supermarket biasa.Hanya tersedia di supermarket2 tertentu seperti ranch market.N harganya lumayan mahal!masih kisaran antara 20-30 ribuan/kg.kalo ada yg berminat hub aja di xtradinar@gmail.com atau hub lgsung dengan Andhika 08111553149/(021)46252612.

eja bukan mengatakan...

wah itu manfaatnya banyak juga yah, tp pernah makan n idont like it

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya tentang brown rice.

Healthy Clipping mengatakan...

banyak juga ya manfaatnya

Posting Komentar